Kurikulum 2013 (Kelas X)

RASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 

Kurikulum  2013  dikembangkan  berdasarkan  faktor-faktor  sebagai berikut:

TantanganInternal

Tantangan internal antara lain terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan  dengan  tuntutan  pendidikan  yang  mengacu  kepada  8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar isi, standar  proses,  standar  kompetensi  lulusan,  standar  pendidik dan     tenaga     kependidikan,     standar     sarana      dan     prasarana,   standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Tantangan   internal   lainnya   terkait   dengan             perkembangan penduduk  Indonesia  dilihat  dari  pertumbuhan  penduduk  usia produktif.  Saat  ini  jumlah  penduduk  Indonesia  usia  produktif (15-64 tahun) lebih banyak dari usia tidak produktif (anak-anak  berusia  0-14  tahun  dan  orang  tua  berusia  65  tahun  ke  atas). Jumlah penduduk usia produktif ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2020-2035 pada saat angkanya mencapai 70%. Oleh sebab   itu   tantangan   besar   yang   dihadapi   adalah   bagaimana mengupayakan  agar  sumberdaya  manusia  usia  produktif  yang melimpah   ini   dapat   ditransformasikan   menjadi   sumberdaya manusia  yang  memiliki  kompetensi  dan  keterampilan  melalui pendidikan agar tidak menjadi beban.

TantanganEksternal

Tantangan  eksternal  antara  lain  terkait  dengan  arus  globalisasi dan berbagai isu yang terkait dengan masalah lingkungan hidup, kemajuan  teknologi  dan  informasi,  kebangkitan  industri  kreatif dan       budaya,       dan       perkembangan       pendidikan      di       tingkat internasional.   Arus   globalisasi   akan   menggeser   pola   hidup masyarakat   dari   agraris   dan   perniagaan   tradisional   menjadi masyarakat   industri   dan   perdagangan   modern   seperti   dapat terlihat   di   World   Trade   Organization   (WTO),   Association   of Southeast         Asian      Nations        (ASEAN)      Community,      Asia-Pacific Economic   Cooperation   (APEC),   dan   ASEAN   Free   Trade   Area (AFTA).   Tantangan   eksternal   juga   terkait   dengan   pergeseran kekuatan ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains serta mutu,        investasi,        dan        transformasi        bidang        pendidikan.

Keikutsertaan  Indonesia  di  dalam  studi  International  Trends  in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Program for  International  Student  Assessment  (PISA)  sejak  tahun  1999 juga  menunjukkan  bahwa  capaian  anak-anak  Indonesia  tidak menggembirakan dalam beberapa kali laporan yang dikeluarkan TIMSS   dan   PISA.  Hal   ini   disebabkan   antara   lain   banyaknya materi  uji  yang  ditanyakan  di  TIMSS  dan  PISA  tidak  terdapat dalam kurikulum Indonesia.

PenyempurnaanPola Pikir

Kurikulum   2013   dikembangkan   dengan   penyempurnaan   pola pikir sebagai berikut:

1)   pola      pembelajaran      yang      berpusat      pada      guru      menjadi pembelajaran   berpusat   pada   peserta   didik.   Peserta   didik harus       memiliki       pilihan-pilihan      terhadap       materi       yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama;

2)   pola  pembelajaran  satu  arah  (interaksi  guru-peserta  didik) menjadi      pembelajaran      interaktif      (interaktif      guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lainnya);

3)   pola   pembelajaran   terisolasi   menjadi   pembelajaran   secara jejaring  (peserta  didik  dapat  menimba  ilmu  dari  siapa  saja dan  dari  mana  saja  yang  dapat  dihubungi  serta  diperoleh melalui internet);

4)   pola  pembelajaran  pasif  menjadi  pembelajaran  aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);

5)   pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim);

6)   pola       pembelajaran      alat      tunggal      menjadi      pembelajaran berbasis alat multimedia;

7)   pola      pembelajaran     berbasis      massal      menjadi     kebutuhan pelanggan      (users)        dengan      memperkuat       pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik;

8)   pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi           pembelajaran           ilmu           pengetahuan           jamak (multidisciplines); dan

9)   pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis.

PenguatanTata Kelola Kurikulum

Pelaksanaan       kurikulum       selama        ini       telah       menempatkan kurikulum sebagai daftar matapelajaran. Pendekatan Kurikulum 2013  untuk  Sekolah  Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah  diubah sesuai  dengan  kurikulum  satuan  pendidikan.  Oleh  karena  itu dalam Kurikulum 2013 dilakukan penguatan tata kelola sebagai berikut:

1)  tata  kerja  guru  yang  bersifat  individual  diubah  menjadi  tata kerja yang bersifat kolaboratif;

2)  penguatan          manajeman          sekolah          melalui          penguatan kemampuan   manajemen   kepala   sekolah   sebagai   pimpinan kependidikan (educational leader); dan

3)  penguatan       sarana       dan       prasarana       untuk       kepentingan manajemen dan proses pembelajaran.

PenguatanMateri

Penguatan   materi   dilakukan   dengan   cara   pendalaman   dan perluasan materi yang relevan bagi peserta didik.

KarakteristikKurikulum 2013

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. mengembangkan keseimbangan       antara       pengembangan      sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik;
  1. sekolahmerupakan   bagian   dari   masyarakat   yang   memberikan pengalaman  belajar  terencana  dimana  peserta  didik  menerapkan apa  yang  dipelajari  di  sekolah  ke  masyarakat  dan  memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  1. mengembangkan sikap,     pengetahuan,     dan     keterampilan      serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
  1. memberi waktu     yang     cukup     leluasa      untuk     mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  1. kompetensidinyatakan  dalam  bentuk  kompetensi  inti  kelas  yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar matapelajaran;
  1. kompetensiinti   kelas   menjadi   unsur   pengorganisasi   (organizing elements)  kompetensi  dasar,  dimana  semua  kompetensi  dasar  dan proses  pembelajaran  dikembangkan  untuk  mencapai  kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;
  1. kompetensi dasar        dikembangkan       didasarkan       pada       prinsip akumulatif,      saling      memperkuat      (reinforced)     dan      memperkaya (enriched)  antarmatapelajaran  dan  jenjang  pendidikan  (organisasi horizontal dan vertikal).

TujuanKurikulum 2013

Kurikulum  2013  bertujuan  untuk  mempersiapkan  manusia  Indonesia agar  memiliki  kemampuan  hidup  sebagai  pribadi  dan  warga  negara yang  beriman,  produktif,  kreatif,  inovatif,  dan  afektif  serta  mampu berkontribusi  pada  kehidupan  bermasyarakat,  berbangsa,  bernegara, dan peradaban dunia.

KERANGKADASAR KURIKULUM

  1. LandasanFilosofis

Landasan      filosofis      dalam      pengembangan     kurikulum     menentukan kualitas  peserta  didik  yang  akan  dicapai  kurikulum,  sumber  dan  isi dari  kurikulum,  proses  pembelajaran,  posisi  peserta  didik,  penilaian hasil      belajar,      hubungan     peserta      didik     dengan     masyarakat      dan lingkungan alam di sekitarnya.

Kurikulum     2013      dikembangkan      dengan     landasan      filosofis      yang memberikan  dasar  bagi  pengembangan  seluruh  potensi  peserta  didik menjadi  manusia  Indonesia  berkualitas  yang  tercantum  dalam  tujuan pendidikan nasional.

Pada   dasarnya   tidak   ada   satupun   filosofi   pendidikan   yang   dapat digunakan secara spesifik untuk pengembangan kurikulum yang dapat menghasilkan  manusia  yang  berkualitas.  Berdasarkan  hal  tersebut, Kurikulum 2013 dikembangkan menggunakan filosofi sebagai berikut:

  1. Pendidikan berakar      pada     budaya     bangsa     untuk     membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Pandangan ini menjadikan  Kurikulum  2013  dikembangkan  berdasarkan  budaya bangsa   Indonesia   yang   beragam,   diarahkan   untuk   membangun kehidupan masa kini, dan untuk membangun dasar bagi kehidupan bangsa  yang  lebih  baik  di  masa  depan.  Mempersiapkan  peserta didik   untuk   kehidupan   masa   depan   selalu   menjadi   kepedulian kurikulum,  hal  ini  mengandung  makna  bahwa  kurikulum  adalah rancangan  pendidikan  untuk  mempersiapkan  kehidupan  generasi muda  bangsa.  Dengan  demikian,  tugas  mempersiapkan  generasi muda   bangsa   menjadi   tugas   utama   suatu   kurikulum.   Untuk mempersiapkan   kehidupan   masa   kini   dan   masa   depan   peserta didik,  Kurikulum  2013  mengembangkan  pengalaman  belajar  yang memberikan  kesempatan  luas  bagi  peserta  didik  untuk  menguasai kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan di masa kini dan masa depan,      dan      pada      waktu      bersamaan      tetap       mengembangkan kemampuan mereka sebagai pewaris budaya bangsa dan orang yang peduli terhadap permasalahan masyarakat dan bangsa masa kini.
  1. Pesertadidik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif. Menurut pandangan     filosofi      ini,      prestasi      bangsa      di      berbagai      bidang kehidupan  di  masa  lampau  adalah  sesuatu  yang  harus  termuat dalam   isi   kurikulum   untuk   dipelajari   peserta   didik.                Proses pendidikan adalah suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta   didik   untuk   mengembangkan   potensi   dirinya   menjadi kemampuan  berpikir rasional dan kecemerlangan akademik dengan memberikan  makna  terhadap  apa  yang  dilihat,  didengar,  dibaca, dipelajari dari warisan budaya berdasarkan makna yang ditentukan oleh   lensa   budayanya   dan   sesuai   dengan   tingkat   kematangan psikologis        serta         kematangan        fisik        peserta         didik.        Selain mengembangkan   kemampuan   berpikir   rasional   dan   cemerlang dalam     akademik,      Kurikulum     2013     memposisikan     keunggulan budaya   tersebut        dipelajari   untuk       menimbulkan   rasa   bangga, diaplikasikan     dan     dimanifestasikan     dalam     kehidupan     pribadi, dalam     interaksi     sosial     di     masyarakat     sekitarnya,     dan     dalam kehidupan berbangsa masa kini.
  1. Pendidikan ditujukan        untuk         mengembangkan        kecerdasan intelektual      dan      kecemerlangan      akademik      melalui      pendidikan disiplin  ilmu.  Filosofi  ini  menentukan  bahwa  isi  kurikulum  adalah disiplin  ilmu  dan  pembelajaran  adalah  pembelajaran  disiplin  ilmu (essentialism).  Filosofi  ini  mewajibkan  kurikulum  memiliki  nama matapelajaran   yang   sama   dengan   nama   disiplin   ilmu,   selalu bertujuan   untuk   mengembangkan   kemampuan   intelektual   dan kecemerlangan akademik.
  1. Pendidikanuntuk   membangun   kehidupan   masa   kini   dan   masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual,  kemampuan  berkomunikasi,  sikap  sosial,  kepedulian, dan  berpartisipasi  untuk  membangun  kehidupan  masyarakat  dan bangsa yang lebih baik (experimentalism and social reconstructivism). Dengan        filosofi        ini,        Kurikulum        2013        bermaksud        untuk mengembangkan  potensi  peserta  didik  menjadi  kemampuan  dalam berpikir  reflektif  bagi  penyelesaian  masalah  sosial  di  masyarakat, dan  untuk  membangun  kehidupan  masyarakat  demokratis  yang lebih baik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan filosofi sebagaimana di atas dalam mengembangkan kehidupan individu peserta didik dalam beragama, seni, kreativitas, berkomunikasi, nilai dan berbagai dimensi inteligensi yang sesuai dengan diri seorang peserta didik dan diperlukan masyarakat, bangsa dan ummat manusia.

LandasanTeoritis

Kurikulum  2013  dikembangkan  atas  teori  “pendidikan  berdasarkan standar”   (standard-based   education),   dan   teori   kurikulum   berbasis kompetensi   (competency-based   curriculum).   Pendidikan   berdasarkan standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warganegara  yang  dirinci  menjadi  standar  isi,  standar  proses,  standar kompetensi     lulusan,     standar     pendidik     dan     tenaga     kependidikan, standar       sarana       dan       prasarana,       standar       pengelolaan,      standar pembiayaan,  dan  standar  penilaian  pendidikan.  Kurikulum  berbasis kompetensi  dirancang  untuk  memberikan  pengalaman  belajar  seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak. Kurikulum   2013   menganut:

(1)   pembelajaan   yang   dilakukan   guru (taught  curriculum)  dalam  bentuk  proses  yang  dikembangkan  berupa kegiatan   pembelajaran   di   sekolah,   kelas,   dan   masyarakat;   dan

(2) pengalaman  belajar  langsung  peserta  didik  (learned-curriculum)  sesuai dengan  latar  belakang,  karakteristik,  dan  kemampuan  awal  peserta didik.  Pengalaman  belajar  langsung  individual  peserta  didik  menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.

DASAR HUKUM

Permendikbud Nomor 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum SMA/MA

Lampiran I, antara lain:

Lampiran I Permen Nomor 59 th 2014_a

Lampiran I Permen Nomor 59 th 2014_b

Lampiran I Permen Nomor 59 th 2014_c

Lampiran II (Beris tentang silabus) :

Mata Pelajaran Wajib

1a. SILABUS Agama Islam SMA

2. SILABUS PPKN SMA

3. SILABUS B.IND SMA

4. SILABUS MTK SMA

5. SILABUS SEJARAH INDONESIA SMA

6. SILABUS B.INGGRIS SMA

7. SILABUS SENI BUDAYA SMA

8. SILABUS PENJAS SMA

9a. SILABUS PKWU-Kerajinan SMA

9b. SILABUS PKWU-Rekayasa SMA

9c. SILABUS PKWU-Budidaya SMA

9d. SILABUS PKWU-Pengolahan SMA

Mata Pelajaran Peminatan dan/ Lintas Minat

10a. SILABUS MTK-peminatan SMA

10b. SILABUS BIO-peminatan SMA

10c. SILABUS FIS-peminatan SMA

10d. SILABUS KIM-peminatan SMA

11a. SILABUS GEO-peminatan SMA

11b. SILABUS SEJARAH-peminatan SMA

11c. SILABUS SOSIOLOGI-peminatan SMA

11d. SILABUS EKONOMI-Peminatan SMA

12a. SILABUS B.INDONESIA-peminatan SMA

12c. SILABUS B.ASING LAIN-peminatan SMA_oke

12d. SILABUS ANTROPOLOGI-minat SMA

Lampiran III (Beris Pedoman Mata Pelajaran)

Mata Pelajaran Umum

1. Pedoman PPKN SMA

2. PEDOMAN B. INDONESIA SMA

4. PEDOMAN SEJARAH IND SMA

5. PEDOMAN B. INGGRIS SMA

6. PEDOMAN SENI BUDAYA SMA

7. PEDOMAN PENJASKES SMA

9. PMP PKWU SMA Allson 1Juni2014

Mata Pelajaran Peminatan/ lintas minat

10a. PMP MTK-minat SMA Allson 1Juni2014

10b. PMP BIO-minat SMA Allson 1Juni2014

10c. PMP FIS-minat SMA Allson 1Juni2014

10d. PMP KIM-minat SMA Allson 1Juni2014

11a. PMP GEO SMA Allson 1Juni2014

11b. PMP SEJ-minat SMA Allson 1Juni2014

11c. PMP SOS-minat SMA Allson 1Juni2014

11d. PMP EKON-minat SMA Allson 1Juni2014

12. PMP ANTRO-minat Allson 1Juni2014

DASAR HUKUM PEMINATAN (yang terbaru)

Permendikbud Nomor 64 Tahun 2014 Tentang Peminatan Pada Pendidikan Menengah

 

Tinggalkan komentar