KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM)

Bahwa untuk mempersiapkan siswa-siswi Madrasah (MI, MTs dan MA) dalam menghadapi Ujian dan meningkatkan daya saing dalam Kompetisi Sains baik di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat propinsi ataupun tingkat nasional, serta untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, maka dipandang perlu untuk lebih banyak memberikan latihan/training.

Mata Pelajaran yang dilombakan pada Kompetisi Sains Madrasah ini meliputi:

  1. Tingkat MA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan   Pendidikan Agama Islam.
  1. Tingkat MTs : Matematika, Fisika, Biologi, IPS, Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam
  1. Tingkat MI  : Matematika, Sains, dan Pendidikan Agama Islam

Materi soal yang dilombakan :

  1. Untuk jenjang MA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam (yang mencakup mata pelajaran Fiqih, Al Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq dan SKI ) materi sesuai dengan Standar Isi, dan Materi Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Propinsi.
  2. Untuk jenjang MTs : Matematika, Biologi, Fisika, IPS, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab (materi sesuai dengan Standar Isi) dan Materi Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Propinsi.
  3. Untuk jenjang MI : Matematika, Sains dan Pendidikan Agama Islam (materi sesuai dengan Standar Isi), dan Materi Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Propinsi.

SISTEM LOMBA

Lomba dilaksanakan dalam bentuk tes tulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Setiap peserta mengerjakan soal sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih dengan jumlah soal 40 atau 50 butir soal dengan alokasi waktu 120 menit. Pada tahap ini dipilih 6 (enam) peserta dengan nilai terbaik sebagai Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II dan III.

Apabila pada tahap ini terdapat nilai yang sama pada Peringkat I, II, III atau Juara Harapan I dan II maka akan dilihat jumlah benar yang terbanyak dan atau jumlah salah yang paling sedikit.

SISTEM PENILAIAN

Untuk jenjang MA :

Jawaban benar       : Skor 4,

Kosong                  : Skor 0 dan

Jawaban Salah       : Skor -1

Untuk jenjang MTs dan MI :

Jawaban benar       : Skor 3,

Kosong                  : Skor 0 dan

Jawaban Salah       : Skor -1

FASILITAS

  1. Seluruh peserta mendapatkan piagam, dan naskah soal sesuai mata pelajaran yang diikuti,
  2. Juara I, II dan III untuk masing -masing mata pelajaran akan mendapatkan piagam penghargaan, tropi dan uang pembinaan,
  3. Juara Harapan I, II dan III untuk masing -masing mata pelajaran akan mendapatkan piagam penghargaan.

Hal – hal yang bisa di download:

EDARAN KOMPETISI SAINS MADRASAH

FORMULIR PENDAFTARAN

Tinggalkan komentar